Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Friday, October 14, 2016

, , , , , , , , , , ,

Hacker Bobol Smartphone Android Anda, Simak Caranya!

Share

Bagaimana cara Hacker Bobol Smartphone Anda?

Smartphone menjadi trend saat ini karena banyaknya fasilitas yang mempermudah kita dalam menjalani kehidupan. Barang pribadi ini harus ada di tangan setiap orang kalau tidak ingin ketinggalan jaman. Semakin canggih maka spesifikasinya juga akan semakin tinggi apalagi harga sangat bervariasi. Tapi semua itu juga akan berdampak pada celah keamanan yang harus diperhatikan oleh setiap produsen smartphone, agar tidak terjadi pencurian data maupun privasi pengguna smartphone oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, seperti hacker.
Android menjadi salah satu target favorit mereka karena banyak cara untuk mengeksploitasi keamanan dari smartphone itu sendiri. Baik data yang bisa dicuri, sistem yang dapat dirusak dan sebagainya bisa mereka lakukan dengan berbagai cara seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Aplikasi Chatting dan SMS/MMS

Pernah saya mendapatkan pesan dari aplikasi chatting yang berisi URL (atau Hyperlink) menuju website lain yang tidak saya kenal. Karena penasaran saya buka pada jendela penyamaran (Icognito Mode) untuk jaga-jaga. Benar saja setelah terbuka situs tersebut termasuk kategori phising karena mengharuskan kita mengisi data pribadi dan password untuk direkam. Setelah itu secara tidak langsung kita menyerahkan user dan password atau data privasi lainnya kepada para hacker secara cuma-cuma.
Solusinya jangan mudah percaya dan sembarangan untuk add friend, pin bbm, whatsapp, line karena sangat berbahaya sekali. Serta jangan merespon untuk membuka URL yang dikirimkan dari orang yang tak dikenal

Melalui Certifi-Gate

Implementasi Mobile Remote Support Tool yang tertanam pada sistem operasi android ini memungkinkan hacker menemukan celah untuk masuk ke dalam smartphone dan meretasnya. Certifi-Gate ini dipasang oleh setiap pabrikan smartphone android Anda dimana plugin dari pihak ketiga bekerja dengan cara menduplikasi dan melakukan beberapa tindakan ke layar perangkat menggunakan certificate dari OEM (produsen perangkat Android)
Jika benar-benar berhasil, hacker akan mendapatkan hak akses tak terbatas pada perangkat kita sehingga mereka dapat mengakses data user dan tindakan lainnya.
Solusinya, jangan mudah untuk percaya dan sembarangan install aplikasi dari penyedia selain dari PlayStore atau yang terpercaya.

Melalui Kunci Sidik Jari (Finger Print)

Aplikasi ini merupakan bloatware (aplikasi bawaan) ataupun aplikasi dari pihak ketiga yang kita install dari Google Play misalnya, dengan mudah dibobol dan dicuri datanya. Para hacker masuk ke dalam smartphone kita melalui internet, dan menyisipkan code untuk mencuri data dari sidik jari. Dengan begitu informasi dan data dengan mudah mereka dapatkan dan kadang smartphone kita akan mengirimkan pesan sendiri, browsing atau aktifitas lainnya tanpa kita kendalikan.

Melalui Aplikasi Baterai

Sejatinya Aplikasi Power Saver ini adalah aplikasi sniffing terhadap smartphone kita, dimana semua data, cookies, aplikasi yang berjalan, cache, dan lainnya akan direkam untuk dikalkulasikan agar smartphone dapat menghemat penggunaan daya.
Namun, celah keamanan sangat terbuka dari sisi ini karena dengan menanamkan kode jahat-nya, hacker akan dengan mudah untuk mengumpulkan informasi dari smartphone kita. Apalagi kita terhubung dengan internet dimana data akan secara otomatis tersinkron dengan server (yang sudah di buat oleh hacker tentunya)
Solusinya adalah jangan terlalu mudah untuk install aplikasi dari pihak ketiga yang belum terpercaya seperti pada Google Play. Itupun masih ada beberapa aplikasi yang telah dilaporkan ditanami kode untuk mencuri data. Jadi bijaklah dalam menggunakan teknologi dan simpan data/privasi secara benar dan aman.

Sumber tulisan: http://belajarcodings.com/hacker-akan-membobol-smartphone-android-anda-begini-caranya/

0 comments:

Post a Comment